Rabu, 21 Desember 2016

Uji Homogenitas menggunakan SPSS

SPSS adalah kepanjangan dari "Statistical Package for Social Sciences", yang jelas SPSS digunakan untuk mengolah statistika, seperti mean, median, modus, standar deviasi, variance. Simaklah contoh di bawah ini.

Homogenitas digunakan untuk mengetahui varian dari beberapa populasi sama atau tidak. Uji ini digunakan sebagai prasyarat dalam analisis Independen Sampel T TestUji One Sampel t Test, ANOVA. Asumsi yang mendasari dalam Analisis of varians (ANOVA) adalah bahwa varian dari beberapa populasi adalah sama.
Dasar Pengambilan Keputusan :
  1. Jika nilai Signifikansi atau nilai probabilitas < 0,05, maka dikatakan bahwa varian dari dua atau lebih kelompok populasi data adalah tidak sama.
  2. Jika nilai Signifikansi atau nilai probabilitas > 0,05, maka dikatakan bahwa varian dari dua atau lebih kelompok populasi data adalah sama.

Agar lebih jelas kita lanjut pada contoh kasus, disini saya akan melakukan uji homogenitas varian Prestasi Belajar berdasarkan Metode Belajar. Adapun data penelitian dapat sobat download disini DOWNLAD DATA Uji Homogenitas untuk praktek.

Langkah-Langkah Uji Homogenitas :
1. Buka file data uji homogenitas yang sudah sobat download tadi


2. Dari menu utama SPSS, pilih menu Analyze, kemudian pilih submenu Compare Means – One Way Anova

Uji Homogenitas dengan Program SPSS

3. Dependen List, Klik variabel Prestasi, kemudian klik tanda > bagian yang atas.
4. Factor List, klik variabel Metode, kemudian klik tanda > bagian yang bawah.

Uji Homogenitas dengan Program SPSS

5. Klik Options
6. Klik Homogeneity of variance, kemudian klikContinue
7. Klik OK untuk mengakhiri perintah, sehingga akan menghasilkan output sebagai berikut

Uji Homogenitas dengan Program SPSS

Interpretasi Output Uji Homogenitas :
Dari output di atas dapat diketahui nilai signifikansi untuk prestasi belajar berdasarkan kelompok metode belajar = 0,589. Maka dapat disimpulkan bahwa data prestasi belajar berdasarkan metode belajar mempuyai varian yang sama.

Bagaiman sobat? cukup jelas dan mudah bukan Uji Homogenitas dengan Program SPSS. Selamat mencoba?

[Search : Uji Homogenitas dengan Program SPSS, Langkah-langkah melakukan Uji Homogenitas dengan Program SPSS, Melakukan Uji Homogenitas untuk penelitian kuantitatif, Dasar pengambilan keputusan dalam Uji Homogenitas]
[Img : Dokumen Olah Data SPSS versi 21]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<marquee>Belajar Autolisp</marquee>

Cara membuat dinding (15cm) dengan AUTOLISP by : me Syarat : Buat terlebih dahulu layer dengan nama "dinding potong" atau beb...